Daisypath Happy Birthday tickers

Daisypath Happy Birthday tickers

Wednesday, January 4, 2012

Procrastination

Ya, Procrastination adalah hal yang paling sering dilakukan oleh semua manusia. Menunda adalah sesuatu hal yang sudah biasa di lakukan oleh kita semua. Mulai dari hal yang sepele, sampai hal yang besar. Tapi kadang sadar ga, kalau hal yang satu ini sebenanrnya adalah musuh terbesar dalam kehidupan kita?

Kita tahu, banyak yang sadar kalau menunda itu bukanlah suatu hal yang baik untuk dikerjakan. Tapi kenapa kita masih sering melakukan hal itu? Apakah itu sesuatu yang bisa dibanggakan? Apakah itu sesuatu yang bisa dijadikan contoh? Apakah itu hal yang baik untuk masa depan kita?

Sekarang, coba kita bayangin kalau semua pekerjaan kita tunda, berapa banyak orang yang telah kita rugikan? Jangankan ketika bekerja sama dengan orang lain, disaat kita harus melakukan kegiatan kita sendiri dan kita menundanya, semua jadi berantakan. Memang menunda itu enak untuk di lakukan tapi tanpa kita sadari, kita sendirilah yang telah menghancurkan semuanya. Segala hal yang seharusnya sesuai dengan rencana, semua jadi buyar dan berantakan. Yang seharusnya berjalan sesuai rencana kalau kita mengikuti "schedule" yang sudah dibuat, semua menjadi kacau hanya karena suatu hal simpel yaitu "menunda".

Akhir-akhir ini aku disibukkan oleh assignments yang begitu banyak di kampus. Jujur, sering sekali aku selalu berpikiran, "ah, nanti aja ngerjain tugasnya" atau "ah, nanti aja  ngelakuin ini/ngelakuin itu". Sampai akhirnya, aku sadar kalau itu sama sekali tidak baik. Banyak alasan supaya kita bisa menunda pekerjaan itu, tapi pada akhirnya ya kita menyesal. Dan selama beberapa bulan terakhir aku mendapatkan hikmah dari semua pekerjaan bahwa TIME MANAGEMENT AND DO NOT PROCRASTINATE ANYTHING itu sangatlah penting.

Ya, kita perlu dan harus membuat timeline sendiri untuk segala sesuatu yang terjadi terhadap kita. Kita harus bisa membedakan mana yang harus dilakukan terlebih dulu dan tentu saja tanpa menundanya. Memang pasti untuk memulai itu semua sangatlah berat, karena pasti ada saja hal-hal yang bisa membuat kita membatalkan niat untuk melakukan hal yang seharusnya kita lakukan. Banyak contoh yang bisa kita dapatkan.

Sekarang ini, social networking sites sangatlah "terkenal". Dimana-mana, orang selalu menyempatkan waktu untuk membuka website-webiste yang memang bisa menghubungkan kita dengan orang-orang yang jauh. Memang menyenangkan bukan kalau kita bisa melakukan segala sesuatu dalam satu website tertentu seperti main games, lihat-lihat foto, memberikan comments, and more. Sampai kita tidak sadar dengan perubahan waktu yang begitu cepat dan begitu kita sadar dan teringat akan pekerjaan yang seharusnya terlebih dulu dilakukan dibandingkan membuka sesuatu yang sifat kepentingannya dibawah pekerjaan kita, kita langsung dihantui oleh rasa malas. Bahkan untuk memulai saja tidak ada niat dan lagi-lagi ya ditunda. Sampai akhirnya tertunda untuk waktu yang sekian lama..

Namun apa yang terjadi? Ya. Semua jadi kacau. Yang tadinya kita bisa tenang, menjadi panik karena belum menyelesaikan tugas itu, yang tadinya kita mempunyai waktu banyak untuk beristirahat, menjadi berkurang. Dan akhirnya, kita mencari-cari alasan agar diberikan perpanjangan waktu. Bukankah itu hal yang tidak baik? Aku juga pernah menunda sesuatu dan akhirnya aku sadar bahwa itu sesuatu yang sangat harus dijauhi. Sehingga sekarang aku menjadi orang yang lumayan bisa meng-organized segala sesuatu dengan baik, dan aku bisa mebedakan mana yang harus aku lakukan terlebih dahulu.

Sekarang, hidup itu adalah pilihan. Dimana ada saat kita di hadapi dengan pilihan yang sangat sulit. Tetapi, kita sebagai manusia seharusnya tahu mana yang terbaik untuk kita. Memang tidak mudah, tapi kalau kita mau terus berusaha dan tidak menyerah, pasti banyak hikmah yang kita dapatkan. Banyak keuntungan yang bisa kita banggakan, untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain :)

Mulailah untuk bisa membedakan segala sesuatu agar "penundaan" itu tidak terjadi. Jangan takut kalau ada yang bilang tidak bersahabat dengan yang lain atau segala macamnya, karena ini untuk kebaikan kita sendiri. Ketika kita sudah melewati itu semua, kitalah yang akan menjadi bangga pada diri kita sendiri :)

The sooner you fall behind, The more time you have to catch up. You may delay, but time will not. Don't fool yourself that important things can be put off till tomorrow, they can be put off forever or not at all. The best way to get something done is to begin :)

No comments:

Post a Comment